MERAH PUTIH MEMBENTANG SEPANJANG 77 METER DI FESTIVAL MERAH PUTIH TANGKULARA 2022

109

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam hal ini Dinas Pariwisata Kabupaten Bone mengibarkan bendera merah putih raksasa sepanjang 77 meter dalam kegiatan Festival Tangkulara 2022 di pulau Tangkulara, kabupaten Bone. Upacara tersebut sebagai bagian menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-77.

Kegiatan Festival ini dilaksanakan pada hari Kamis, 18 Agustus 2022 sudah digelar sejak tahun 2018 lalu. Bahkan Festival Merah Putih Tangkulara 2022 ini sudah ditetapkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Selatan, sebagai salah satu event tahunan Sulawesi Selatan, yang digelar setiap 18-20 Agustus.

Kegiatan ini diprakarsai oleh Dinas Pariwisata Bone, TIM 7 dan Politeknik Bone, bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan kelautan Bone, Basarnas, TNI, Polri dan Basarnas Bone.

Festival ini lebih banyak melibatkan masyarakat pesisir atau nelayan, karenanya penyelenggara melaksanakan tiga jenis kegiatan dalam acara diantaranya, pembentangan merah putih sepanjang 77 meter di atas gusung Tangkulara, parade perahu nelayan, dan transplantasi karang.

Sekadar diketahui, Gusung atau pulau pasir yang terletak di perairan Teluk Bone tersebut, menjadi tempat pembentangan merah putih, setiap merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia.

Diketahui, Gusung Tangkulara adalah sebuah pulau dengan luas 2 hektare yang berada di laut Teluk Bone, saat ini menjadi sasaran empuk bagi penikmat wisata bawah laut di Kabupaten Bone.

Untuk mencapai pulau tersebut dengan motor tempel hanya butuh waktu 15 menit dari dermaga pelabuhan Bajoe.

Daya tarik Tangkulara yang diantaranya menyajikan gundukan pasir putih ini sudah sejak dahulu menjadi tempat membersihkan kerak karang yang menempel di badan perahu sekaligus melepas lelah para nelayan Bugis dan suku Bajo ketika melaut.

Hamparan pasir putih yang dikelilingi indahnya vegetasi terumbu karang, dan biota laut yang ada, seakan menghipnotis bagi wisatawan lokal yang pernah berkunjung di tempat itu.

“Ajang ini sangat semarak krn dimeriahkan oleh ratusan perahu nelayan yg sdh dihias merah putih. Kedepannya diharapkan ajang ini akan diusahakan lebih meriah dgn menambahkan berbagai kegiatan yg melibatkan warga masyarakat yg lebih banyak lg sehingga diharapkan menjadi ajang yg dapat menarik pengunjung untuk ikut menikmatinya.” tegas Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Bone Bapak Syahruli Asmar ST., M.Si. (RR)