Dinas Pariwisata Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Buatan ( Theme Park )

1514

PELATIHAN PEMANDU WISATA BUATAN ( THEME PARK )

Dinas Pariwisata Kabupaten Bone menggelar Pelatihan Pemandu Wisata Buatan ( Theme Park ) selama 3 (tiga) hari pada tanggal 4 – 6 Desember dengan jumlah peserta hingga ratusan orang. Adapun tujuan dari kegiatan ini selain merealisasikan dana alokasi khusus (DAK) dari Kementerian Pariwisata, juga untuk mensinkronisasikan pelatihan bagi para pengelola Objek Wisata dan para kelompok sadar wisata serta pihak-pihak yang terkait dengan pengembangan wisata daerah kabupaten Bone.

Pada hari pertama tanggal 4 desember 2019, para peserta dibekali materi tentang pelatihan sebagai Pramuwisata atau Pemandu Wisata yang diisi oleh bapak Suhardi sebagai ketua GIPI Sulawesi Selatan dan dilanjutkan dengan materi tentang Pengembangan Daya Tarik Wisata yang dibawakan oleh bapak Drs.H.Takdir H.Wata sebagai Kepala Seksi Pengembangan Daya Tarik Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Keesokan harinya dihari kedua dilaksanakan kegiatan Outdoor dengan berkunjung ke salah satu objek wisata Buatan yaitu Puncak Lima Jari yang terletak di Desa Pattimpa kec. Ponre Kab. Bone yang berjarak sekitar 11 km dari pusat kota Watampone. Untuk sampai ke Puncak Lima Jari, pengunjung harus melalui jalan setapak bebatuan dan anak –anak tangga yang belum permanen dengan jarak sekitar 300meter dari jalan raya beraspal, dan hanya dengan mengeluarkan kocek sebesar Rp.5.000,- pengunjung sudah dapat menikmati pemandangan alam dari Puncak tersebut dan berselfie di beberapa spot-spot yang telah disediakan oleh pengelola. “ Puncak Lima Jari ini adalah salah satu Lokus dalam rangka Pelatihan Pemandu Wisata Buatan, kami bangga kepada pengelola ini karena lokasi ini ditunjuk untuk Study Banding “ Jelas Bapak Budiono,S.Sos,M.Si, Kadis Pariwisata Kabupaten Bone.

Dan di hari ketiga juga dilaksanakan kegiatan outdoor, kali ini lokasinya bertempat di Tanjung Pallette, yang berjarak sekitar 12km dari pusat kota Watampone. Tanjung yang berhadapan langsung dengan Teluk Bone ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas wisata antara lain Water Boom, Kolam renang, Gazebo, villa hingga rumah makan. Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan Laut teluk Bone sambil berenang.

“ Kami sangat berterima kasih kepada Kementerian Pariwisata atas pelaksanaan Pelatihan khususnya buat pemandu wisata, sehingga harapan kami pemandu wisata lokal yang ada di daerah lebih mengerti lagi bagaimana cara menyambut wisatawan yang berkunjung ke destinasi tujuan wisata,dan harapan kami juga untuk pengelola terapkanlah Pesona Indonesia yang baik sehingga wisatawan yang berkunjung “feeling like home” dan akan kembali berkunjung ke tempat wisata kami semua “. Jelas H.A. Muh Faisal, SE, M.Si, Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Kab. Bone. (RR 09/12/19)

AYO KE BONE !

BAGIKAN