PELATIHAN ADMIN WEBSITE DINAS PARIWISATA DI KANTOR DINAS KOMINFO BONE

119

Kominfo Bone Latih Admin Web Dinas Pariwisata Kabupaten Bone

Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Bone memberikan pelatihan dan bimbingan khusus (bimkhus) admin website. Kali ini mengundang operator website Dinas Pariwisata Kabupaten Bone Masyhuri MR., S.Kom.

Bimbingan khusus bagi operator tersebut bertempat di Ruang Bimkhus IT Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Bone, Jln.A.Mappanyukki No.1 Watampone, Kamis 21 November 2019.

Kepala Bidang Teknologi Informasi Diskominfo dan Persandian Kabupaten Bone Mursalim, S.Pd., M.Si. mengatakan pelatihan bagi admin website ini penting dilaksanakan untuk memaksimalkan penyampaian informasi kepada masyarakat agar website terus update.

“Admin dilatih cara mengelola website beserta dengan informasi yang akan disampaikan di website tersebut. Hal itu dilakukan secara face to face dengan mengundang admin web OPD tertentu.

Meskipun sebelumnya sudah dilaksanakan sosialisasi, namun tetap harus ditindaklanjuti dengan bimbingan khusus (face to face).

Bimbingan khusus ini dilakukan karena apabila hanya dilakukan dalam bentuk sosialisasi dengan mengundang seluruh admin OPD sekaligus, ternyata hasilnya tidak efektif. Bahkan setelah tiba di kantor masing-masing masih banyak tidak memahami.

Oleh karena itu, melalui bimbingan khusus (bimkhus) ini diharapkan ke depannya seluruh admin OPD sudah mampu mengelola websitenya masing-masing.

Dengan pelatihan yang digelar tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia sehingga bisa mengelola website dengan baik dan menyampaikan informasi terupdate ke masyarakat.

Setelah mengikuti pelatihan, para admin web dapat berkontribusi dalam hal menyampaikan informasi seputar kegiatan maupun informasi penting lainnya kemasyarakat.

Karena semakin banyak data yang ditampilkan website tentunya berdampak pula pada pembangunan daerah khususnya kepentingan informasi publik. Karenanya selain  menampilkan kegiatan-kegiatan, akan tetapi menjadi database yang dapat diakses setiap saat.

Dalam bimbingan ini admin web langsung mempraktikkan cara mengimput data dan pengenalan fitur-fitur web bimbingan langsung dari tenaga teknis dari kominfo dan Persandian Kabupaten Bone Yuliana Juwita, S.Kom.