Dinas Pariwisata Bone Gelar Pelatihan Pemandu Wisata

178

Dalam rangka memberikan pelayanan kepada wisatawan yang berkunjung di Kabupaten Bone, Dinas Pariwisata Kabupaten Bone menggelar pelatihan pemandu wisata di Hotel Helios, Senin 14 Oktober 2019.

Pelatihan ini diikuti sebanyak 100 orang peserta untuk mendapatkan pelatihan menjadi Pemandu Wisata Sejarah dan Warisan Budaya yang berlangsung selama tiga hari, Senin-Rabu, 14-16 Oktober 2019.

Kegiatan dibuka langsung Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembngunan, Drs. A. Gunadil Ukra, M.M. didampingi Kadis Pariwisata Kabupaten Bone Budiono, S.Sos.,M.Si. dan Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata, H.A.Muh Faizal, S.E, M.Si.

“Melalui kegiatan ini kami harapkan bisa memberi pemahaman kepada masyarakat dan stakeholder pariwisata tentang wisata sejarah dan budaya di Kabupaten Bone,” kata Kadis Pariwisata.

Lebih lanjut ia mengatakan perlunya sinergitas dan sinkronisasi kegiatan antar lembaga pemerintah, organisasi masyarakat, dan pelaku industri kepariwisataan guna memberikan pencerahan tata cara pengelolaan objek wisata agar dimanfaatkan tanpa mengurangi nilai-nilai keaslian cagar budaya.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata, H.A. Muh Faizal, S.E., M.Si. mengatakan pihaknya menghadirkan dua orang narasumber kompeten, yakni Budayawan Bone,Drs.H. A. Youshan Latenritappu dan Sekretaris Balai Pelerstarain Cagar Budaya Sulawesi Selatan Drs Muh. Nasir, M.Pd.

“Hari pertama peserta akan mendapatkan pemaparan materi, hari kedua dan ketiga berupa outdoor mengunjungi objek wisata sejarah sekaligus mempraktikkan cara memandu wisata,” tuturnya

Sementara Kasi Promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Bone Drs.Abd.Samad,M.Pd. mengatakan kita berharap para pemandu wisata dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dalam pelatihan ini termasuk mengenal objek-objek wisata yang ada di Kabupaten Bone.