Kopi, Madu, dan Kunyit dari Bone Laris Manis di Moskow

160

Bone adalah satu-satunya kabupaten/kota di Sulawesi Selatan yang diundang pada Festival Indonesia ke-4 di Moskow yang digelar pada tanggal 2-4 Agustus 2019.

Festival bergengsi itu bertemakan ” Visit Wonderful Indonesia: Enjoy Your Tropical Paradise” yang digelar Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Moskow.

Pada festival tersebut delegasi Kabupaten Bone dipimpin langsung Bupati Bone Bpk.Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. didampingi Sekda Bone H.A. Surya Darma, S.E.,M.Si., Kadis Pariwisata Andi Ikhwan Burhanuddin, S.H., M.H., Kepala BPKAD Drs.Andi Fajaruddin,M.M., Kadis Pertanian Tanaman Pangan Ir.H.Sunardi, M.Si.

Festival tahunan Indonesia-Moskow tersebut merupakan ajang promosi menampilkan berbagai produk Indonesia, hasil pertanian,  pakaian, aksesoris, kuliner, kesenian, kerajinan, obyek wisata, dan produk lainnya.

Di mana berbagai daerah dan perusahaan di Indonesia mempromosikan potensinya masing-masing dan menjalin kerja sama dengan mitranya di Rusia.

Sementara itu, Bone memamerkan produk pertanian seperti kopi, madu, dan kunyit, dan hasil kerajinan. “Alhamdulillah, ternyata kopi, madu, dan kunyit laku habis diserbu orang Moskow” kata Kadis Pariwisata Andi Ikhwan Burhabuddin dalam rilisnya via WhatsApp.

Pada ajang pameran itu dilakukan pemasangan dan penyerahan Songkok To Bone, Lipa Sabbe, Baju Bodo/Tokko kepada Direktur Museum Ketimuran Rusia oleh Bupati Bone yang disaksikan Duta Besar RI untuk Republik Federasi Rusia.

Penandatanganan berita acara penyerahan Songkok To Bone, Lipa Sabbe, Baju Bodo/Tokko tersebut dilakukan pada saat acara pembukaan Indonesia-Moskow di Kresnya, Moskow Rusia, pada tgl 2 Agustus 2019.

Sementara itu, Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. dalam rilisnya mengatakan, Alhamdulillah, sejumlah produk Kabupaten Bone diminati pengusaha dan warga Rusia, bahkan sampel produk yang kita pamer di sini laris manis.

“Ini adalah kesempatan kita mempromosikan produk unggulan baik pertanian, produk budaya, dan produk wisata kabupaten Bone, ternyata mendapat antusias dan diminati warga Rusia, dan para pengunjung pameran” kata Bupati Bone dalam rilisnya.

Diajang itu, Bupati Bone dengan fasih memberikan penjelasan langsung kepada pengunjung pameran baik geografi Kabupaten Bone maupun menyangkut sejarah, budaya, serta produk-produk unggulan daerah lainnya.

Sementara itu, beberapa obyek wisata unggulan kabupaten Bone juga ditampilkan dalam bentuk audio visual melalui website Dinas Pariwisata yang seolah menghipnotis para pengunjung pameran yang dikunjungi sekitar 600 ribu pengunjung dari berbagai kalangan.

Festival berlangsung di salah satu taman yang luas dan indah, serta strategis di Moskow, yaitu Taman Krasnaya Presnya. Taman ini terletak di pusat kota Moskow, tidak jauh dari Gedung Putih kantor Pemerintah Federasi Rusia dan dekat dengan World Trade Center (WTC).

Festival dihadiri sejumlah pejabat dari Indonesia, seperti dari Kementerian terkait dan Pemerintah Daerah (Gubernur, Bupati, Walikota), para pelaku usaha, termasuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM), tim kesenian, media, dan lainnya.