Dinas Pariwisata Bone Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Selam

329

Dinas Pariwisata Kabupaten Bone menggelar Pelatihan Pemandu Wisata Selam. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama tiga hari, yaitu tanggal 15-17 Juli 2019 di Hotel Novena Jalan Jend. Ahmad Yani Watampone.

Kegiatan pelatihan diikuti sebanyak 100 peserta dari berbagai kalangan dengan tujuan agar nantinya peserta memiliki pengetahuan pendampingan dalam hal penyelaman.

Kadis Pariwisata Kabupaten Bone A.Ikhwan Burhanuddin, S.H.,M.H. mengatakan, pelatihan ini dianggap penting untuk mengetahui bagaimana risiko dan tanggung jawab dalam pemanduan wisata.

“Jadi mereka tak hanya membawa wisatawan, menunjukan spot, dan membawa pulang melainkan fungsi guide sesungguhnya dari keterampilan, pengetahuan, dan standar yang harus diikuti” jelasnya.

Dampak positif yang diberikan di antaranya bisa meningkatkan para pemandu menjadi profesional. “Kalau mereka sudah profesional bagaimana nantinya pemerintah mendorong komponen terkait utamanya masyarakat Bone untuk menggeluti wisata, khususnya wisata selam,” kata A.Ikhwan.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata H. Andi Muhammad Faizal, S.E., M.Si. mengatakan panjang pantai di Kabupaten Bone mencapai 138 kilometer, jika digarap secara maksimal maka sangat berpotensi menjadi objek wisata bahari.

Olehnya itu, melalui pelatihan pemandu wisata alam selam diharapkan peserta akan menjadi guide profesional yang tidak hanya menyosialisasikan keindahan panroma bawah laut Teluk Bone kepada masyarakat dan dunia luar.

“Juga diving guide ini bisa mendampingi wisatawan yang datang untuk melihat keindahan bawah laut kita yang tidak kalah dengan tempat lain,” ungkapnya.

Andi Faisal yang fasih berbahasa Inggris itu mengungkapkan dalam pelatihan ini pihaknya menghadirkan instruktur profesional sebagai pemateri sekaligus pelatih.

“Instruktur profesional memang kami hadirkan sehingga peserta sebanyak 100 orang bisa menimba ilmu karena selain materi indoor, peserta juga langsung praktik di lapangan” bebernya.

Salah seorang narasumber, Pak Irwan dalam pemaparan materi indoor pada hari pertama mengenalkan peralatan menyelam dan cara penggunaan mulai dari masker, snorkling, wetsuit, glove, hood, dan peralatan lainnya.

Dinas Pariwisata Kabupaten Bone kurun waktu dua tahun terakhir fokus merenovasi dan membangun fasilitas wisata di Tanjung Pallette. ” Alhamdulillah fasilitas yang sudah ada itu dapat menggaet jumlah wisatawan dibanding sebelumnya” kata Kasi Promosi Drs.Abd.Samad, M.Pd.

Mudah-mudahan pelatihan ini bisa mencetak pemandu wisata andal yang nantinya bisa mendampingi wisatawan untuk wisata selam, “jadi tinggal bagaimana kami mempromosikannya titik-titik yang bisa dikunjungi ketika penyelaman” tutupnya.