Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata Kabupaten Bone

410

Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. membuka Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata yang di gelar Dinas Pariwisata Kabupaten Bone, di Hotel Helios, Selasa 25 Juni 2019.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bone A.Ikhwan Burhanuddin,S.H,M.Si. dalam laporannya mengatakan, bahwa sejak kepemimpinan Bupati Bone Bpk. Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. pariwisata Kabupaten Bone meningkat pesat.

” Dengan terbangunnya berbagai sarana diberbagai objek destinasi wisata seperti Tanjung Pallette, Pemandian Lanca, Gua Mampu, dan objek wisata lainnya mampu menarik dan meningkatkan kunjungan wisatawan” tuturnya.

Lanjutnya mengatakan dengan pembangunan sarana destinasi kurun waktu tiga tahun terakhir, alhamdulillah turut menggenjot PAD dari 150 juta menjadi lebih kurang  1 milyar pertahun.

“Salah satu indikator peningkatan kepariwisataan di Bone adalah di mana selama ini sebelum dibangunnya sarana destinasi, masyarakat Bone lebih memilih mengunjungi daerah luar, namun sekarang bahkan wisatawan luar daerahpun sudah memilih obyek wisata yang ada di Bone” kata Kadis Pariwisata yang akrab disapa Puang Iwan.

Dikatakannya, di tahun 2019 ini Dinas Pariwisata Kab.Bone tengah menyusun Detail Engineering Design (DED) sebagai dasar perencanaan untuk pengembangan objek wisata lainnya seperti Tangkulara, Bone Lampe, Sumpang Labbu, dan Air Terjun Ladenring, dan lainnya.

Karena menurutnya, “di Bone ini memiliki berbagai objek yang bisa menjadi produk destinasi wisata, di antaranya, obyek wisata alam, laut, budaya, kuliner, dan lainnya” tutupnya

Sementara Bupati Bone dalam sambutannya mengapresiasi kinerja Dinas Pariwisata di mana selama ini menunjukkan kinerja yang sangat baik.

“Meskipun anggaran terbatas tapi Dinas Pariwisata Bone ternyata mampu berbuat, Pak Kadis Pariwisata ini memang suka yang sifatnya menantang, dalam artian bagaimana memecahkan sebuah persoalan” kata Bupati Bone

Akhir sambutannya, Bupati Bone berharap Dinas Pariwisata ke depannya mengajak stakeholder termasuk Politeknik Pariwisata untuk bekerja sama bagaimana meningkatkan destinasi wisata daerah.

Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata Kabupaten Bone ini menghadirkan narasumber dari Politeknik Pariwisata Makassar, yang juga dihadiri Ketua STKIP Muhammadiyah Bone Dr. Muhammad Jufri Rasyid, SE, M.Si.

BAGIKAN