Dispar Bone Jajaki Rute Persiapan Menapak Tilas Arung Palakka

365

Dipimpin langsung Kadis Pariwisata Kab.Bone Andi Ikhwan Burhanuddin,S.H.,M.Si. menjajaki rute napak tilas Arung Palakka, Rabu 3 Maret 2019.

Kegiatan Napak Tilas dalam rangka menyambut Hari Jadi Ke-689 Bone tersebut sesuai jadwal akan dilaksanakan pada Jumat 5 April 2019 di Kawasan Bukit Cempalagi-Pallette.

Menurut Kadis Pariwisata Kab.Bone, bahwa kegiatan napak tilas yang ke-2 ini akan dihadiri Pejabat Pemerintahan, Forkopimda, serta Dewan Adat dari Kabupaten Buton dan Bone.

“Di mana Buton dan Bone mempunyai hubungan sejarah dan kekerabatan yang kental, hal itu dibuktikan ketika Arung Palakka bertolak dari Cempalagi Bone menuju Buton” tutur Andi Ikhwan.

Tambahnya,Jadi menapak tilas Arung Palakka kita lakukan untuk mengenang jasa Arung Palakka dalam perjuangannya membebaskan Bone dari belenggu penjajahan kerajaan Gowa pada masa lampau.

“Jadi kita tidak bermaksud mengangkat masa lalu hubungan Bone dengan Gowa yang kelam, akan tetapi bagaimana kita sebagai generasi dapat memetik hikmahnya” ungkapnya.

“Intinya napak tilas dilaksanakan untuk menguatkan nasionalisme serta menggali sejarah dan budaya sebagai bahan edukasi terhadap generasi masa kini”

Selain itu dapat menggugah generasi muda kita untuk tetap mengingat perjuangan Arung Palakka dan senantiasa melakukan hal yang selaras bahwa keberhasilan itu tidak mudah, penuh keringat tetesan air mata dan berdarah-darah.

“Jadi rute napak tilas Arung Palakka ini nantinya dapat menjadi “Wisata Napak Tilas” Kabupaten Bone yang bisa menjadi alternatif pilihan bagi wisatawan lokal dan mancanegara” tutup Andi Ikhwan.

BAGIKAN